Cara Import Export Data Siswa Di Aplikasi Zipgrade

Aplikasi ZipGrade sebagai aplikasi pemindai lembar jawab komputer yang hanya mengandalkan kamera ponsel smartphone ini sungguh sangat membantu menuntaskan tugas-tugas Guru yaitu dalam hal mengoreksi hasil pekerjaan siswa yang memakai jenis soal pilihan ganda (multiple choice).

Beberapa postinga terdahulu sudah saya jelaskan secara rinci bagaimana Cara Menggunakan ZipGrade, Aplikasi Android Untuk Koreksi LJK Siswa, kemudian saya lanjutkan di postingan berikutnya yaitu membahas tentang Cara Membuat LJK Custom Pada Aplikasi ZipGrade, hal ini diharapkan dikala guru menginginkan LJK sesuai harapan Guru mulai dari tata letak LJK, bahasa pada label kolom pengisian, dan jumlah soal yang akan diujikan, kemudian saya sambung juga pembahasan ihwal bagaimana Cara Membagikan LJK Custom ZipGrade ke Akun Guru Lain, ini juga sangat penting dikala semua guru yang ada dalam satu sekolah memakai aplikasi ZipGrade, kemudian tiap guru mempunyai akun sendiri-sendiri, tapi untuk LJK custom dibentuk oleh panitia ujian, maka hal ini mengharuskan LJK custom di copy ke tiap-tiap akun guru yang lain.

Sebelum aplikasi ini dapat digunakan, hal yang sangat penting yaitu menyiapkan data-data siswa dalam akun ZipGrade, pertanyaanya apakah harus manual satu persatu? atau ada cara lain berupa import data dari excel? 

Untuk  melaksanakan input data siswa, data kelas melalui aplikasi di ponsel android, anda dapat melakukanya secara manual satu persatu, namun cara ini terperinci sangat tidak menghemat tenaga, kalau cuma 10 siswa tidak masalah, tapi kalau ada 1000 siswa, tentu ini akan jadi pekerjaan yang tidak sebentar.

Untungnya ZipGrade melalui situsnya menyediakan fitur export import data siswa dari Ms. Excel, bagaimana cara penggunaanya? berikut akan saya jelaskan langkah demi langkah export dan import data siswa ke dalam akun ZipGrade.
  1. Login di situs https://www.zipgrade.com/login/ dengan akun ZipGrade anda.
  2. Klik sajian Student - Klik pada Export Students as CSV
  3. Anda akan mendapat file dengan format CSV, anda dapat buka dengan aplikasi spreadsheet menyerupai Ms. Excel, bila anda memakai Ms. Excell 2016, maka anda dapat pribadi mengedit dan input data siswa memakai tabel yang sudah tersedia, anda dapat copy paste dari tabel data siswa yang diambil dari dapodik.


    Anda dapat isi untuk kolom ZipGrade ID dan External ID dengan NIS (Nomor Induk Siswa) sekolah anda, kemudian anda lengkapi First Name dengan nama siswa anda, untuk kolom Last Name dapat anda kosongi saja, kemudian anda masukan juga kolom Classes.


    Simpan dengan format yang sama, yaitu format CSV, biasanya akan muncul kotak obrolan menyerupai berikut:
  4. Selanjutnya anda masuk ke situs ZipGrade kembali dan klik pada sajian Sudents - klik Import Students From CSV.


    Silahkan pilih file CSV yang sudah anda lengkapi dengan data siswa, dan klik tombol Upload.
  5. Tahap berikutnya yaitu mengatur supaya kolom-kolom pada tabel excel sesuai dengan kolom yang tersedia di ZipGrade, sesudah dipastikan kolomnya sudah sesuai, klik tombol Finish Import, perhatikan gambar berikut:
  6. Setelah sukses memasukan data siswa, anda dapat mengecek data kelas yang ada di sajian Classes, disini anda dapat melihat daftar kelas dan jumlah siswa pada masing-masing kelas.

Demikian Cara Import Export Data Siswa di Aplikasi ZipGrade, biar bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Import Export Data Siswa Di Aplikasi Zipgrade"

Post a Comment