Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa ialah menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).
Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP harus mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan kelompok kerja guru, yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, sanggup terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, menyerupai status pengakuan sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.
Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional pada Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran dilaksanakan oleh Direktorat Teknis di lingkungan GTK sementara aktivitas Penmbekalan Instruktur Nasional dilaksanakan oleh UPT di lingkungan GTK (PPPPTK dan LP3TKKPTK). Dalam pelaksanaannya, diharapkan buku pegangan sebagai acuan.
Tujuan Pembekalan Narasumber Nasional
- memahami bahan pembekalan berupa konsep Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN), Pengembangan Pembelajaran, Penilaian dan Praktik Pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS), serta seni administrasi fasilitasi aktivitas Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran,
- melakukan transfer knowledge baik teori maupun praktik pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terintegrasi 5 (lima) unsur Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Literasi,
- memfasilitasi aktivitas Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran sesuai dengan skenario pembelajaran.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan dicapai oleh penerima melalui aktivitas ini yaitu.
- Menjelaskan kebijakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi,
- Menjelaskan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), PPK, dan Gerakan Literasi Nasional,
- Menganalisis Unit Pembelajaran,
- Mengembangkan pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills),
- Mengembangkan Penilaian Berorientasi HOTS,
- Mengembangkan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
- Mempraktikkan Pembelajaran HOTS dalam bentuk Peer Teaching,
- Menganalisis seni administrasi fasilitasi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran.
Struktur Program
Struktur Program dan Alokasi Waktu pada Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional
- Kebijakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi (Teori: 2JP @45')
- Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, PPK, dan GLN (Teori: 2JP @45')
- Pendalaman Materi Pembelajaran (Teori: 2JP @45' dan Praktik: 6JP @45')
- Pengembangan Pembelajaran Berorientasi HOTS (Teori: 2JP @45' dan Praktik: 6JP @45')
- Penilaian Berorientasi HOTS (Teori: 1JP @45' dan Praktik: 4JP @45')
- Penyusunan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (Praktik: 10JP @45')
- Praktik Pembelajaran HOTS dalam bentuk Peer Teaching (Praktik: 20JP @45')
- Strategi Fasilitasi Terhadap Instruktur (Teori: 1JP @45' dan Praktik: 1JP @45')
- Rencana Tindak Lanjut (Teori: 1JP @45')
- Tes Awal dan Tes Akhir (Teori: 2JP @45')
Untuk lebih lengkapnya, silahkan anda download Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/ Instruktur Nasional/ Guru Inti di bawah ini:
0 Response to "Download Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/ Pelatih Nasional/ Guru Inti"
Post a Comment