Konsep Dan Implementasi Mapel Informatika Di Smp Dan Sma


Konseptualisasi Dan Implementasi Muatan/Kurikulum Informatika Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah didasari dari latar belakang sebagai berikut:
  • Kemampuan Abad 21 mensyaratkan individu yang bisa berpikir kreatif dan memecahkan persoalan
  • Saat ini, teknologi gosip dan “komputer” sudah tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Indonesia tidak dikehendaki hanya menjadi pemakai konsumtif, melainkan bisa menghasilkan karya-karya produk TIK yang dilandasi ilmu informatika
  • Negara maju mulai memasukkan aspek keilmuan Informatika ke sekolah semenjak usia dini [Ref. CSTA dan K12.org], menggaris-bawahi Perbedaan TIK dengan Informatika dalam pendidikan dasar (penggunaan versus keilmuan). 
  • Informatika menjadi salah satu muatan wajib sejajar dengan STEM.


Bagaimana dengan Kondisi Pembelajaran TIK dan Informatika di Negara Lain?

  1. Kedudukan TIK dan Informatika di Negara Maju: Perbedaan TIK dengan Ilmu Komputer/ informatika (TIK: focus ke penggunaan dan literasi; sedangkan Informatika meliputi keilmuan), Informatika untuk pendidikan semenjak dini s.d Sekolah Menengan Atas ditata body of knowledge-nya, Mulai memadukan TIK dan memasukkan “Informatika” dalam kurikulum
  2. STEM, menjadi STEM-C [dengan penambahan C=Computer Science/Informatika] dan sains dan teknologi diajarkan menjadi satu paket
  3. Asosiasi guru  (CSTA) serta asosiasi profesi (ACM, IEEE) dan IT Company telah mengajukan framework untuk kurikulum Informatika [https://k12cs.org, http://csta.hosting.acm.org/csta/csta/Curriculum/sub/K12Standards.html]
  4. Kurikulum TIK dan Informatika sebelum universitas perlu mempertimbangkan bahwa tidak semua lulusan Sekolah Menengan Atas akan berprofesi di bidang informatika,  namun  semua bidang membutuhkan informatika dan TIK sebagai tools.

Lebih lengkapnya silahkan anda baca file presentasi di bawah ini:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsep Dan Implementasi Mapel Informatika Di Smp Dan Sma"

Post a Comment