Permudah Guru Menulis Buku, Aplikasi Voice To Text Menjadi Jawabanya

Belum sanggup mengetik cepat memakai komputer, ketika ini tidak lagi menjadi alasan dan hambatan Guru dalam menciptakan sebuah buku. Kegiatan penulisan Buku, penulisan karya ilmiah untuk Guru sangat banyak sekali diadakan diberbagai daerah, banyak sekali Organisasi Guru, perusahaan percetakaan yang berhubungan dengan perorangan, saling berlomba mengadakan banyak sekali acara dengan tema literasi dan penulisan buku. Namun bagaimana hasilnya? Apakah yang sudah mengikuti acara penulisan buku sudah terbit?

Berbagai alasan muncul, menyerupai tidak adanya waktu luang dalam mulai menulis buku, tidak terpelajar mengetik di komputer, belum mendapat good mood, dan banyak sekali alasan lain yang berakibat belum terbitnya buku Guru.

Khusus alasan atau hambatan tidak terpelajar mengetik di komputer, pada artikel ini akan saya jelaskan bagaimana cara mengoperasikan smartphone yang setiap ketika ada digenggaman tangan Anda, menjadi sebuah senjata ampuh dan akan sangat membantu tercapainya impian menerbitkan sebuah buku, yaitu memanfaatkan aplikasi Gboard (Google Keyboard) untuk menulis dengan mulut.

Merubah bunyi menjadi teks (Voice to Text) atau menulis dengan verbal ini akan sangat membantu dan mempercepat proses pengetikan naskah buku Guru. Dengan aplikasi Gboard yang terpasang di smartphone ini, dimanapun dan kapanpun tidak harus didepan laptop, Anda sanggup mulai menulis draft buku Anda.

Instalasi Aplikasi

Untuk proses instalasi atau pemasangan aplikasi sama menyerupai proses instalasi aplikasi android pada umumnya, anda hanya perlu membuka aplikasi PlayStore, lalu ketikan kata kunci Gboard, tekan tombol pasang/ install aplikasi, dan proses instalasi akan berjalan, silahkan tunggu beberapa ketika hingga muncul tombol Buka, mengambarkan aplikasi sukses terpasang.

Pengaturan Awal

Setelah proses instalasi selesai dilakukan, selanjutnya ialah pengaturan awal aplikasi Gboard supaya sanggup dipakai sesuai keinginan kita.

Pada jendela Bahasa dan Masukan, centang pada opsi Gboard,

Akan muncul jendela yang berisi peringatan kepada pengguna: “Metode ini sanggup mengumpulkan semua teks yang aAnda masukkan, kecuali kata sandi, termasuk data eksklusif dan nomor kartu kredit. Berasal dari aplikasi Gboard. Tetap gunakan?” Silahkan anda pilih OK.

Selanjutnya pada Langkah 1, Anda tekan tombol Aktifkan dalam Setelan,

lalu pada Langkah 2, tekan tombol Pilih Metode Masukkan,

selanjutnya aplikasi Gboard sudah sanggup Anda gunakan.

Pengaturan selanjutnya ialah Anda sanggup menambahkan bahasa lain, misal dalam teladan ini saya akan menambahkan Bahasa Arab, Anda tekan tombol Tambahkan Keyboard.

Cara Penggunaan Aplikasi Gboard

Penggunaan aplikasi Gboard untuk mulai menciptakan draft Buku, sangatlah mudah, anda sanggup gunakan aplikasi pengolah kata, Fast notepad atau color notes untuk proses pengetikan naskah bukunya.

Untuk mulai memakai fitur voice to text untuk mulai menulis dengan mulut, Anda tekan icon microphone kecil hitam, dan mulailah berbicara dengan bahasa Indonesia, jikalau hendak merubah ke bahasa Arab, Anda tekan usang pada tombol spasi guna menentukan opsi bahasa Arab, kesudahannya menyerupai pada gambar berikut:

Sebagai pemanis goresan pena ini, anda sanggup menyimak video panduan yang sudah saya sediakan di chanel youtube Mung Media: http://bit.ly/gboard18

Demikian, biar bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Permudah Guru Menulis Buku, Aplikasi Voice To Text Menjadi Jawabanya"

Post a Comment