Hati-Hati Penipuan Surat Ajakan Data Prestasi Akademik Dirjen Dikmen

Beberapa hari yang kemudian saya mendapatkan disposisi surat dari kepala sekolah untuk menuntaskan laporan data Prestasi Akademik yang segera dikirim tanggal 29 Oktober 2018, surat yang tampak resmi sudah dicetak beserta lampiran format laporan, cukup meyakinkan, hanya saja berguru dari pengalaman, ada usul data yang eksklusif membuat saya curiga dan yakin ini niscaya surat palsu dan perjuangan penipuan.

Kenapa saya curiga?

Surat dengan No: 3375/D4/KU/2018 tertanggal Jakarta-25-Oktober-2018, dari KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR  MENENGAH PERTAMA DAN MENENGAH ATAS dengan alamat Kompleks Kemdikbud Jalan Jenderal Sudirman Gedung E Lantai 5 Senayan, Jakarta 10270, dikirim melalui email dapodikdasmenkemendikbud@gmail.com subjek Surat Permintaan Data Prestasi Akademik, isi lengkap suratnya sebagai berikut:


Dalam rangka mendukung Visi dan Misi Pemerintah Republik Indonesia dalam bidang akademik sehingga bisa membuat Sumber Daya Manusia yang handal, berdaya saing, cerdas, inovatif dan kreatif, Maka Pemerintah Tahun Anggaran 2018/2019 akan berupaya memperlihatkan dukungan Beasiswa Prestasi Akademik dan non-Akademik bagi siswa/i berprestasi jenjang  SMP/SMA&SMK  baik Negeri/Swasta, Bantuan dana yang akan diberikan harus bersifat transparan akuntabel serta sanggup dipertanggung jawabkan baik penyalurannya maupun penggunaannya.
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 7 Tahun 2013, wacana pemikiran penyusunan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 017/2018, di pandang  perlu untuk membuat persyaratan dalam  pemberian dukungan sebagaimana (format terlampir), Adapun data tersebut akan dijadikan materi penilaian di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selanjutnya kami mohon kesediaan dan Kerjasama Saudara/i untuk mengirimkan data siswa/i yang berprestasi di Bidang Akademik sebagaimana format terlampir, dengan ketentuan sbb.

  1. Data Siswa/i sesuai urutan peringkat prestasi menurut jumlah nilai rapor paling tinggi di kelas (ruangan belajar). 
  2. Data Siswa/i Prestasi maksimal 7 (Tujuh) orang setiap kelas (ruangan belajar) persemester.
  3. Kolom yang tersedia di format tabel data mohon untuk tidak di kosongkan dan harap terlebih dahulu di lengkapi dan diisi dengan benar sebelum dikirim atau dilaporkan.
  4. Data tersebut di kirim melalui via e-mail ke infodapodikdasmen5555@gmail.com dengan memakai format terlampir dalam bentuk file Excel atau Word.
  5. Dan data sanggup dikirim atau dilaporkan paling lambat Tanggal. 29-Oktober-2018 sesuai dengan format terlampir.
berikut format kolom yang diminta: 


Dari usul tabel diatas, yang membuat saya curiga ialah pada kolom NO. TELPON ORANG TUA/WALI, kemudian saya baca kembali isi surat di atas ternyata pengiriman data melalui email infodapodikdasmen5555@gmail.com. Alamat email yang dipakai untuk pengiriman email memakai email gratisan @gmail.com, dari sini menambah kecurigaan saya bahwa ini ialah surat palsu mengatasnamakan kementerian, dan modus utamanya ialah meminta data lengkap penerima didik, kemudian data lengkap orang bau tanah termasuk jenis pekerjaan, alamat rumah, dan yang paling berbahaya disini ialah adanya nomor telepon orang tua.

Kenapa saya katakan paling berbahaya? dengan mengetahui data siswa, data orang tua, dan jenis pekerjaanya, seorang penjahat akan berusaha memanfaatkan nomor telepon yang tersedia untuk mulai melancarkan kejahatanya, bisa menipu mengatas namakan sekolah, misal saja menyampaikan bahwa siswa atas nama xxx kena perkara narkoba dan sedang ada di kantor polisi, atau mengalami kecelakaan yang membutuhkan biaya segera, dan ujung-ujungnya meminta transfer uang sesegera mungkin kepada orang tua, dan penjahat juga dengan sangat detail menyampaikan nama siswa dan nama orang bau tanah sehingga bisa meyakinkan orang bau tanah murid.

Apa yang harus dilakukan?

Jika sekolah anda mendapatkan email yang sama atau sejenisnya, jangan eksklusif mengirim data yang diminta sebelum anda memastikan kebenaran usul data tersebut, anda bisa bertanya kepada dinas pendidikan setempat wacana kebenaran surat usul data tersebut, anda juga bisa melihat ciri-cirinya, info tersebut resmi dari pemerintah atau dikirim oleh penipu dengan melihat email pengirim, email resmi kementerian akan memakai domain resmi kementerian, sebagai contoh: data@kemdikbud.go.id BUKAN menggunakan email gratisan menyerupai pada email palsu ini: dapodikdasmenkemendikbud@gmail.com. Ciri-ciri yang lainnya ialah usul data lengkap orang bau tanah beserta nomor telepon orang tua, sesudah anda yakin bahwa ini ialah surat penipuan, abaikan saja usul data tersebut.

Surat-surat sejenis yang terindikasi surat palsu ini juga pernah di posting di website resmi kementerian dengan judul: Hati-hati Surat Palsu yang Mengatasnamakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/11/hatihati-surat-palsu-yang-mengatasnamakan-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan.

Demikian, Semoga kita semua terhindar dari kejahatan-kejahatan yang semakin merebak baik secara offline maupun online ini. Aamiin...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-Hati Penipuan Surat Ajakan Data Prestasi Akademik Dirjen Dikmen"

Post a Comment