Cara Menciptakan Ljk Custom Pada Aplikasi Zipgrade

Aplikasi ZipGrade sebagai aplikasi android dan iOS yang dapat dipakai untuk memindai lembar jawab komputer hasil pekerjaan siswa sangat bermanfaat untuk membantu menuntaskan kiprah guru dalam mengoreksi hasil penilaian penerima didik.

Pada posting sebelumnya sudah aku jelaskan bagaimana cara penggunaan aplikasi ZipGrade ini, anda dapat baca pada postingan tersebut. Pada kesempatan ini  aku akan bahas bagaimana cara menciptakan Lembar Jawab Komputer sendiri atau LJK ZipGrade custom.

Untuk menciptakan LJK ZipGrade custom sehingga sesuai harapan kita, misal penulisan dengan bahasa sendiri, jumlah soal, banyaknya pilihan jawaban, misal A, B, C, D, cara pembuatannya ialah sebagai berikut:
  1. Buka situs www.zipgrade.com klik login dan masukan username dan password anda.
  2. Klik sajian Answer Sheets
  3. Pada halaman Answer Sheet ini anda dapat eksklusif mendownload LJK yang anda butuhkan, namun kalau anda menginginkan desain LJK sesuai harapan anda, silahkan anda klik tombol CUSTOM ANSWER SHEET WIZARD di bawah sendiri.
  4. Pada halaman Custom Answer Sheet, disini merupakan daerah dimana anda nantinya dapat melihat daftar LJK custom yang sudah anda buat. untuk menciptakan LJK custom baru, silahkan anda klik New Answer Sheet.
  5. Langkah pertama dalam menciptakan LJK custom ialah tulis nama LJK custom anda, misal disini aku akan menciptakan LJK custom dengan jumlah soal 20, maka aku beri nama LJK20, selanjutnya anda klik tombol Next.
  6. Pada tahap kedua pada pembuatan LJK custom ialah menciptakan label yang akan ditampilkan di LJK, ibarat Nama, Mata Pelajaran, Kelas, dll, silahkan diatur sesuai kebutuhan, lalu klik tombol Next. misalnya dapat anda lihat pada gambar berikut:
  7. Tahap selanjutnya ialah menentukan jumlah angka pada Nomor Induk Siswa, teladan disini aku memakai NIS dengan jumlah angka 5, dan labelnya aku beri goresan pena NIS (silahkan anda sesuaikan dengan NIS di sekolah masing-masing). Untuk opsi include key version section, boleh anda centang, boleh juga anda hapus centangnya, kalau aku biasanya hapus centangnya, supaya tidak muncul di LJK.
  8. Pada tahap ke empat proses pembuatan LJK custom ialah menentukan jenis soal, teladan disini aku menentukan Add multiple-choice questions,

    Maka akan tampil ibarat pada gambar berikut:

    Siahkan anda atur ibarat pada gambar di atas, untuk Question type pilih yang Internal Label, lalu untuk Number of Questions pilih 20 (karena disini aku akan menciptakan 20 soal), lalu untuk Answer Labels aku isi dengan ABCD, defaultnya ABCDE, sebab jenjang Sekolah Menengah Pertama pilihan ganda hanya hingga D, maka abjad E dapat dihapus, sesudah selesai setting, anda klik tombol Add Questions.


    Hasil pada langkah di atas ialah akan tampil LJK custom yang sudah anda buat, dan terakhir anda dapat klik tombol Publish, kalau masih ada yang perlu anda rubah, anda dapat klik tombol Back untuk kembali ke tahap sebelumnya.
  9. Anda akan kembali ke halaman Answer Sheet, disini anda dapat eksklusif download LJK custom yang sudah anda buat, dapat dalam format PDF maupun dalam format gambar type PNG.
Demikian Cara Membuat LJK Custom Pada Aplikasi ZipGrade, supaya bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Ljk Custom Pada Aplikasi Zipgrade"

Post a Comment