Cara Memakai Zipgrade, Aplikasi Android Untuk Koreksi Ljk Siswa

Aplikasi android yang bisa dipakai untuk koreksi LJK siswa hanya dengan mengandalkan kamera ponsel smartphone untuk memindai/ scan lembar jawab siswa salah satunya yaitu Aplikasi ZipGrade. Aplikasi ini bisa anda download gratis di google playstore, hanya saja untuk demo dan uji coba aplikasi ini, anda hanya diberi jatah pemindaian/ scan 100 LJK perbulan, bila anda menginginkan bisa scan LJK unlimited tentu ada konsekuensinya, yaitu membayar biaya berlangganan senilai $6.99 USD atau sekitar 84rb pertahun.

Aplikasi Android yang bisa dipakai untuk membantu proses koreksi lembar jawab siswa sebetulnya tidak hanya ZipGrade, ada banyak macamnya menyerupai aplikasi android Exam Reader - Grade Paper Tests, Grader, Proofesor, OMR Evaluator, GradeCam Go!, Quick Key - Mobile Grading App, dan masih banyak aplikasi sejenis yang bisa anda manfaatkan untuk koreksi lembar jawab siswa.

Rata-rata fitur utama pada aplikasi koreksi tanggapan siswa ini yaitu kemampuan memindai memakai kamera ponsel lembar jawab komputer (LJK) dengan format yang sudah disiapkan oleh aplikasi dengan cepat.

Aplikasi yang akan saya bahas cara penggunaanya pada posting kali ini yaitu aplikasi ZipGrade, kenapa harus ZipGrade? ini duduk kasus aplikasi mana yang sudah dicoba dan merasa nyaman saja, dari beberapa aplikasi yang sudah saya coba, yang lezat digunakan, fitur-fitur yang disediakan juga sesuai kebutuhan dan impian saya. Disamping itu saya sudah terlanjur berlangganan dengan membeli lisensi aplikasi ini untuk satu tahun, sehingga bisa memakai aplikasi ini secara penuh.

Keunggulan ZipGrade:

  • Desain Lembar jawab gratis tersedia dalam beberapa format dan ukuran (hingga 100 tanggapan pertanyaan), terdapat juga fitur menciptakan lembar tanggapan sendiri sesuai impian kita, khususnya bila kita menginginkan keterangan kolom tertentu dengan bahasa sendiri.
  • Dalam memakai aplikasi ini, ponsel anda tidak harus terkoneksi internet. Jika ada data  yang butuh disinkronkan, anda tinggal cari koneksi internet dan otomatis akan tersinkron dengan server sentra ZipGrade. Contohnya disini dikala anda mengupload atau memperbaiki daftar siswa melalui situs zipgrade.com.
  • Untuk deteksi data siswa menyerupai nama, aplikasi ini nomor ID siswa atau Nomor Induk Siswa.
  • Tidak perlu menekan tombol apapun dalam proses pemindaian, anda cukup mengarahkan kamera di atas lembar jawab komputer, dengan cepat akan mengoreksi dan menyimpannya.
  • Siswa sanggup memakai bulpoin atau pensil untuk menandai jawaban, tidak wajib di hitamkan penuh, bisa di coret, silang, atau di hitamkan penuh, aplikasi sudah bisa mendeteksi tanggapan dengan baik.
  • Dengan adanya situs www.zipgrade.com, memungkinkan pengguna mendapat fitur embel-embel mulai dari cara gampang menciptakan lembar kejar komputer dan menyimpannya dalam format gambar atau PDF, export dan import data siswa. dll.
  • Ekspor hasil pekerjaan siswa dalam format CSV atau PDF.

Bagaimana Cara Penggunaan Aplikasi ZipGrade ini?

  1. Download dan install aplikasi ZipGrade dari Play Store
  2. Setelah proses instalasi aplikasi selesai, silahkan anda lakukan pendaftaran dengan memasukan email dan password, kemudian centang pada persetujuan dan klik tombol Register ZipGrade.


    Setelah proses pendaftaran berhasil, akan tampil menyerupai pada gambar berikut:

    Pada gambar di atas saya beri tanda panah pada 3 menu, yaitu sajian Quizzes, Students, Classes, kita akan fokus di tiga sajian ini dulu.

    Download Lembar Jawab Komputer
  3. Sekarang anda login di situs ZipGrade.com memakai komputer untuk menentukan dan  mendownload lembar jawab yang akan digunakan, misal untuk soal pilihan ganda 50 soal. Silahkan anda cetak dan anda siapkan untuk proses ujian siswa. Khusus anda yang akan memakai LJK bawaan ZipGrade bisa download di bawah postingan ini.


    Menambah Kelas Baru
  4. Untuk menambahkan kelas gres dan daftar siswa, anda bisa memakai situs zipgrade.com atau aplikasi zipgrade di ponsel anda, bila jumlah siswanya banyak akan lebih gampang memakai fitur import data pada situs zipgrade.com.
    Baca artikel saya yang berjudul: Cara Import Export Data Siswa di Aplikasi ZipGrade

    Sebagai teladan untuk menambahkan kelas memakai aplikasi zipgrade di ponsel, caranya anda klik tombol Classes, kemudian klik New Class, tuliskan nama kelas dan klik tombol OK.


    Menambah Data Siswa
  5. Berikutnya yaitu menambahkan data siswa, yaitu dengan menekan tombol Students, silahkan anda lengkapi datanya dan jangan lupa pilih kelasnya dengan cara centang, kemudian klik tombol OK.


    Membuat Kunci Soal Mata Pelajaran
  6. Di dalam aplikasi ZipGrade, tekan 'New Quiz'


    Kemudian anda tuliskan nama mata pelajaran, pilih lembar jawab yang digunakan, misal disini saya menentukan lembar jawab untuk 50 soal, pilih kelas dan klik OK.
  7. Selanjutnya anda tekan 'Edit Key' untuk memasukkan kunci jawaban.


    Anda bisa juga memindai lembar tanggapan yang berfungsi sebagai kunci dengan cara tekan tombol Scan For Key.



    Pindai/ Scan Lembar Jawab Komputer
  8. Untuk mulai memindai LJK, silahkan anda tekan 'Scan Paper':
    * Pegang kertas pada permukaan datar dan sejajarkan 4 kotak sudut di 4 viewfinders.
    * ZipGrade secara otomatis akan fokus dan mengidentifikasi kapan kertas sanggup dibaca.
    * Aplikasi akan bergetar ketika kertas dinilai dan eksklusif memperlihatkan ringkasan instan (dengan tautan untuk detail lebih lanjut).
    * Untuk koreksi LJK selanjutnya anda bisa eksklusif ganti kertas, dan biarkan aplikasi yang akan otomatis mengoreksi tanpa harus menekan tombol apapun.


    Cek secara manual bila diharapkan untuk memastikan NIS dan nama siswa yang muncul sesuai dengan yang sudah dimasukan di aplikasi.

Berikut saya sediakan file LJK bawaan ZipGrade format PDF:


Demikian Cara Menggunakan ZipGrade, Aplikasi Android Untuk Koreksi LJK Siswa. Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Zipgrade, Aplikasi Android Untuk Koreksi Ljk Siswa"

Post a Comment