Tips Cepat Pengajuan Edit Nisn Sesuai Ijazah Di Verval Pd


Beberapa hari yang kemudian dengan keluarnya update dapodik 3.01 sebelum tanggal 20 Nopember 2014 operator sekolah diseluruh Indonesia diberi waktu untuk edit data baik nama, kawasan tanggal lahir melalui aplikasi dapodik kemudian sehabis melaksanakan sinkronisasi, maka data-data yang ada di verval pd akan menyesuaikan dengan data yang ada di dapodik.

Masalah gres muncul ketika yang terjadi dilapangan yakni NISN siswa SD yang tertulis di Ijazah tidak sama dengan yang muncul di web verval pd (http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/app/), atau yang lebih parah lagi yakni NISN siswa SD yang tertulis di Ijazah yakni milik orang lain dan ada juga yang tidak ditemukan di web http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Oleh alasannya yakni itu pertanyaan yang muncul adalah:

Bagaimana cara Pengajuan Edit NISN Sesuai Ijazah di Verval PD?


Untuk menjawab permasalahan ini sebetulnya sudah ada di buku manual verval PD yang dapat anda download di sini, menurut pengalaman, proses yang justru membutuhkan waktu usang dan membosankan yakni pada dikala proses scaning ijazah, kemudian kalau ukuran file hasil scan terlalu besar harus diperkecil, gres di perbolehkan atau diterima server verval PD pada proses pengajuan edit data NISN, nah pada kesempatan ini, akan saya bagikan beberapa Tips Cepat Pengajuan Edit NISN Sesuai Ijazah di Verval PD:
  1. 1. Rekap data siswa yang  mempunyai NISN tidak sama antara yang tertulis diijazah dan NISN yang dihasilkan di verval PD.
  2. 2. Siapkan foto copy ijazah (yang sudah dilegalisir) yang akan di unggah di web verval PD, sebagai syarat proses edit data NISN.
  3. 3. Cek terlebih dahulu NISN siswa di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data,

    kalau NISN valid, sesuai dengan yang tertulis di Ijazah, maka lanjutkan ke langkah ke 4, namun kalau NISN tidak ditemukan atau terdeteksi punya orang lain, maka anda pisahkan ijazah tersebut untuk nanti anda mintakan surat keterangan dari sekolah yang mengeluarkan ijazah berkaitan NISN yang valid yang dihasilkan verval PD.
  4. 4. Jika anda punya scanner super cepat dapat anda manfaatkan, tapi kalau tidak punya scanner super cepat, anda dapat manfatkan kamera digital atau kamera handphone yang mempunyai kualitas gambar yang baik, pastikan hasil foto/ scan ijazah dapat terlihat dengan terperinci tulisanya, next... anda pindahkan semua foto ke dalam 1 folder untuk selanjutnya anda ganti nama filenya sesuai dengan nama yang tertera di ijazah, hal ini bertujuan untuk memudahkan dikala upload dokumen di web verval PD nantinya.

    => Jika ukuran file dokumen terlalu besar, diatas 1MB, anda dapat meresize gambar terlebih dahulu dengan jadwal image resizer, tutorial dan download softwarenya disini. (dengan pertolongan software ini, anda dapat meresize banyak gambar sekaligus dalam beberapa detik saja).
  5. 5. Nah, sekarang saatnya anda login ke http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/app/ memakai akun operator sekolah yang sudah terdaftar di web verval PD.
  6. 6. Langsung anda tuju sajian EDIT DATA - Pengajuan - NISN
  7. 7. Pilih Siswa dan tuliskan nama depannya atau nama belakangnya saja, pastikan penulisanya diperhatikan, memakai abjad kapital atau abjad kecil semua, sehabis ditemukan, anda klik nama dan klik tombol OK.
  8. 8. Tahap berikutnya, anda masukkan NISN yang sesuai dengan ijazah pada kolom pengisian NISN Baru (tombol Check NISN abaikan), pribadi anda upload dokumen pendukung, dalam hal ini scan/ foto ijazah, dan tekan tombol Pengajuan Perubahan.
  9. 9. Sampai tahap ke 8, berarti proses pengajuan perubahan NISN agar sesuai dengan ijazah telah selesai, dan anda dipersilahkan menunggu sekitar 2-3 hari. dan anda dapat memantau perkembangan status hasil pengajuan perubahan NISN tersebut di menu, Edit Data-Status.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cepat Pengajuan Edit Nisn Sesuai Ijazah Di Verval Pd"

Post a Comment