Menambah Beberapa Digit Angka Nol Didepan Nisn Otomatis

Kasus: Operator sekolah habis mengcopy data NISN dari website vervalpd.data.kemdikbud.go.id, lalu dicopy paste kedalam jadwal pengolah angka Ms. Excel, namun kesudahannya angka 0 yang ada didepan NISN hilang, seharusnya jumlah digit NISN ialah 10 digit, namun bermetamorfosis 5, 6, atau 9 digit. penampakan menyerupai pada gambar berikut:


Pertanyaanya, cara cepat mengedit NISN tiap siswa biar menjadi 10 digit, dengan penambahan beberapa digit angka NOL didepan angka NISN bagaimana? apa harus manual satu persatu dengan cara klik 2x atau menekan tombol F2 lalu menambahkan tanda petik 1 gres menambahkan beberapa digit angka 0 nya? atau ada cara lebih mudah dengan memakai rumus di Ms. Excel?

Jawabanya: tentu ada dong.... yuk kita mencar ilmu bersama.....
Formula yang akan kita gunakan ialah perpaduan fungsi LEN dan IF. Formula LEN berfungsi untuk mengetahui jumlah aksara dalam cell tertentu, sedangkan fungsi IF nanti untuk  logika menambahkan beberapa digit angka NOL pada tiap cell NISNnya. Lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut untuk alur anutan rumus di Ms. Excelnya:


Dalam praktinya nanti, kolom D dan E tidak anda buat, melainkan pribadi ke kolom F dengan memakai rumus LEN dan IF. kolom D hanya untuk mendeteksi sementara jumlah aksara terkecilnya berapa, biar dalam menciptakan fungsi IF nya lebih cepat yaitu dengan mengambil jumlah digit terkecil.

Rumus yang dipakai ialah sebagai berikut:
Jika CELL NISN Jumlah digitnya 7, maka ditambah 3 digit angka NOL didepan NISN, bila CELL NISN jumlah digitnya 8, maka ditambah 2 digit didepan NISN, jika CELL NISN jumlah digitnya 9, maka ditambah 1 digit angka NOL didepan NISN, jika CELL NISN jumlah digitnya 10, maka tidak ditambah angka NOL.

Dengan pola tabel diatas, Cell NISN ialah mulai dari B2, maka rumusnya:
=IF(LEN(B2)=7;"000"&B2;IF(LEN(B2)=8;"00"&B2;IF(LEN(B2)=9;"0"&B2;IF(LEN(B2)=10;B2))))

Nah, dengan begitu untuk baris berikutnya anda tinggal copy saja ke baris-baris berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menambah Beberapa Digit Angka Nol Didepan Nisn Otomatis"

Post a Comment