Cerita Dibalik Kelulusan Plpg Mapel Tik Tahun 2014

PLPG (Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru) Mapel TIK di Rayon 112 UNNES Tahap 4 Gugus Kusma (di Hotel KUSMA Bandungan) Tahun 2014 telah selesai dilaksanakan,  yaitu mulai dari tanggal 1 September s/d 10 September 2014. Hal yang paling menciptakan hati ini berdebar-debar yakni paska Ujian Tulis Lokal (UTL) dan Ujian Tulis Nasional (UTN), Lulus atau Belum Lulus, kata Belum Lulus sungguh menjadi kata-kata yang terdengar sangat menakutkan, memalukan, dan tidak dapat dikatakan dengan kata-kata, pokoknya sesuatu banget... walaupun bahwasanya penerima PLPG yang dinyatakan belum lulus pada ujian utama masih diberikan kesempatan hingga 2x untuk mengulang mengikuti Ujian Nasional maupun Ujian Lokal.
Gambar penampakan dinyatakan LULUS dan BELUM LULUS.


Berbagai acara ketika PLPG ini, Alhamdulillah dapat saya ikuti dengan baik, walaupun sempat pada hari ke 5 harus pulang menengok anak ke 3 yang sedang sakit, mungkin alasannya kangen dengan bapaknya , ketika acara usai disore hari (pukul 17.40), bakda maghrib pulang ke rumah, esoknya pukul 05.00 kembali lagi kelokasi PLPG untuk mengikuti acara PLPG kembali.

Banyak dongeng dari tetangga, atau dari rekan-rekan kerja di sekolah yang menyampaikan PLPG banyak kiprah dan sering lembur tiap malam, awalnya saya hanya berkata, ah.... masa siii.... ternyata  memang benar, ketika menjadi penerima PLPG, tugas-tugas yang harus diselesaikan dan dikumpulkan sesegera mungkin harus di lembur malam harinya, kadang dapat hingga larut malam, apalagi ketika esoknya ujian peer teaching, perangkat KBM, media yang akan dipakai benar-benar harus disiapkan saya buat semaksimal mungkin, semoga dapat tampil penuh percaya diri, tentunya dapat tetap tampil mempesona, hehe...., Pada ketika peer teaching alasannya saya sukanya desain website, kesannya saya ambil bahan wacana pemrograman website, dan medianyapun saya buat dan dapat diakses secara online ( http://demo.mung.info/media/ ), sehingga ketika peer teaching, para penerima dan dosen penguji dapat eksklusif mengakses media yang saya gunakan.

Oya, sedikit dongeng dikarenakan banyak rekan-rekan satu angkatan CPNS 2010 yang bertanya, kenapa saya diberi kesempatan lebih dulu untuk mengikuti PLPG ini, perlu diketahui bahwa ketika melengkapi manajemen pendataan online baik di website padamu negeri (untuk NUPTK), maupun website /search?q=abaut-me" target="_blank">baca profil diriwayat pekerjaan saya), jadi Alhamdulillah masa kerja saya memenuhi syarat.


Hari terakhir yaitu tanggal 10 September 2014, hari dimana saya dengan rekan-rekan satu angkatan dalam PLPG ini diberi Ujian Akhir yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 - 10.00 WIB, Ujian yang diberikan ada 2; yaitu Ujian Tulis Lokal (UTL) dan Ujian Tulis Nasional (UTN). Untuk Ujian Tulis Lokal, soal dibentuk oleh penyelenggara PLPG dalam hal ini yakni UNNES yaitu diberi 7 soal essay, sedangkan untuk Ujian Tulis Nasional dibentuk oleh sentra (Jakarta) dengan model soal pilihan ganda sejumlah 80 soal.

Usai ujian, penerima PLPG dipersilahkan kembali kerumah masing-masing dan kembali melaksanakan aktifitas ibarat biasanya yaitu mengajar disekolah sambil menunggu hasil PLPG yang akan diumumkan secara online melalui website http://lp3.unnes.ac.id/v2/pengumuman-plpg/. Setelah menunggu sekitar 1 ahad pengumuman PLPG pun keluar, dan hasilnya Alhamdulillah.... saya dan rekan-rekan 1 kelas dinyatakan LULUS PLPG .

Semoga kita semua senantiasa diberikan keberkahan dan kebahagiaan hidup, amiiin....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita Dibalik Kelulusan Plpg Mapel Tik Tahun 2014"

Post a Comment