Membangun Kelas Online Dengan Aplikasi Telegram Bab 2 Memasang Welcome Bot

Membangun kelas online dengan aplikasi telegram  akan semakin menarik dan semakin tampak interaktif, jikalau sudah kita lengkapi dengan beberapa bot (robot) telegram pendukung. Pada postingan sebelumnya (baca: Membangun Kelas Online Dengan Aplikasi Telegram Bagian 1) telah saya bahas persiapan-persiapan dalam membangun kelas online, mulai dari pembuatan group kelas online, menciptakan channel group, dan dalam goresan pena ini kita akan bahasa lebih rinci ihwal bagaimana cara setting, konfigurasi masing-masing bot (robot) ditelegram yang diharapkan dalam mebangun kelas online.

Persiapan menyerupai menciptakan group kelas online, menciptakan channel group yang berfungsi sebagai sarana memberi isu satu arah ke anggota group, telah kita lakukan. Selanjutnya proses instalasi bot telegram.

Berikut Bot yang akan kita gunakan di dalam group Kelas Online: 
  • Welcome Bot  (Berfungsi sebagai bot penyambutan otomatis ketika ada anggota gres yang masuk ke dalam group, Bot ini juga bisa memperlihatkan isu ketika ada anggota group yang meninggalkan group.
  • ManyBot (Bot siap pakai ini akan kita gunakan sebagai bot yang bisa merespon setiap perintah/ seruan dari anggota group, dan mencocokan dengan perintah yang sebelumnya sudah dipasang didalam bot ini.)
  • BotFather (Bot yang wajib kita invite sebelum menciptakan bot telegram untuk banyak sekali keperluan, sebab BotFather inilah yang akan membantu menciptakan dan mengelola bot telegram).
Memasang Welcome Bot
1. Add welcomebot (@jh0ker_welcomebot) pada akun telegram,


2. Setelah anda add/ invite Welcome Bot, lalu anda klik akun welcome bot dan klik ADD TO GROUP, perhatikan gambar berikut:


3. Cari group (kelas online) yang sudah kita buat di telegram,

4.  Klik OK.
5. Berikutnya tampilan awal ketika Welcome Bot berhasil dimasukkan kedalam group kelas online kita.

6. Selanjutnya kita ketik /help untuk menampilkan banyak sekali fitur, banyak sekali perintah yang bisa di respon Welcome Bot ini:

Berikut daftar perintah yang tersedia di bot ini, dan bisa kita manfaatkan untuk menciptakan group kelas online kita menjadi interaktif dan lebih menarik.
/welcome - Set welcome message
/goodbye - Set goodbye message
/disable_goodbye - Disable the goodbye message
/lock - Only the person who invited the bot can change messages
/unlock - Everyone can change messages
/quiet - Disable "Sorry, only the person who..." & help messages
/unquiet - Enable "Sorry, only the person who..." & help messages

You can use $username and $title as placeholders when setting messages. HTML formatting (https://core.telegram.org/bots/api#formatting-options) is also supported.

7. Fokus pada artikel ini hanya pada setting perintah  /welcome, silahkan ketik perintah          
/welcome dan tekan enter, maka bot akan merespon dengan tampilan petunjuk cara setting perintah ucapan selamat tiba menyerupai berikut:

Anda bisa mengedit perintah diatas sesuai kebutuhan, sebagai contoh:
/welcome Halo... $username, Selamat Datang di $title , agar bisa memanfaatkan kelas online ini dengan baik.

Kirim perintah diatas kedalam group kelas online yang sudah terpasang Welcome Bot. maka respon Welcome Bot sebagai berikut:

Ketika ada anggota gres yang masuk group, maka Welcome Bot otomatis akan merespon kehadiran anggota gres dengan bahasa menyerupai teladan pada gambar berikut:


Demikian, Membangun Kelas Online Dengan Aplikasi Telegram Bagian 2 Memasang Welcome Bot semoga bermanfaat, pada postingan selanjutnya yakni cara menciptakan bot di BotFather.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membangun Kelas Online Dengan Aplikasi Telegram Bab 2 Memasang Welcome Bot"

Post a Comment