Cara Enable Macro Ms. Excel Dan Ms. Word 2010, 2013, 2016

Cara enable/ mengaktifkan fitur macro pada Ms. Excel dan Ms. Word 2010 atau 2013 lokasi pengaktifanya sama saja pusatnya ada pada pengaturan Trust Center Settings - Macro Settings. Kenapa fitur macro ini perlu diaktifkan? Perlu diketahui bahwa Excel, Word, Power Point bisa menjad power full, bisa menjadi sebuah aplikasi yang canggih yang bisa membantu menuntaskan dilema kita, bisa Anda gunakan untuk mengotomatisasi kiprah yang berulang, dan bisa dijalankan dikala Anda harus menjalankan kiprah tersebut, oleh tangan programer handal bisa menjadi aplikasi pendamping yang bisa terhubung dengan database website yang dengan sekali klik bisa tersinkronisasi sehingga bisa menampilkan dalam tabel yang sudah disiapkan di Ms. Excel, anda bisa melihat tampilan gambar di bawah ini, gambar satu website UBK Online, gambar kedua laporan hasil yang ditampilkan di file Excel:


 
Gambar satu: ubk online


 
Gambar dua: laporan hasil yang ditampilkan di file Excel


Apakah makro itu, siapa yang membuatnya, dan apa risiko keamanannya?
Makro mengotomatisasi kiprah yang sering dipakai untuk menghemat waktu penitikberatan tombol dan tindakan mouse. Banyak hal yang dibentuk dengan memakai Visual Basic for Applications (VBA) dan ditulis oleh pengembang perangkat lunak. Namun, beberapa makro bisa mengakibatkan potensi risiko keamanan. Orang dengan niat jahat, yang juga dikenal sebagai hacker, bisa memperkenalkan makro perusak dalam file yang bisa mengembangkan virus pada komputer Anda atau ke dalam jaringan organisasi Anda. (sumber: support.office.com)
Mengaktifkan/ Enable Makro cara pertama:
Ketika Anda membuka file yang memiliki makro, akan muncul pesan berwarna kuning dengan ikon perisai dan tombol Aktifkan Konten/ Enable Content. Jika Anda mengetahui satu atau beberapa makro berasal dari sumber tepercaya, anda bisa mengklik tombol tersebut, sehingga fitur makro pada file yang anda buka akan aktif, dan fitur canggih yang sudah ditanamkan didalam file tersebut bisa berjalan:

Cara mengaktifkan/ Enable Macros yang kedua ialah melalui Trust Center Settings - Macro Settings:
1. Buka kegiatan Ms. Excel/ Ms. Word
2. Klik hidangan File - Options

3. Klik pada hidangan Trust Center - Trust Center Settings perhatikan gambar dibawah ini:

 4. Akan terbuka jendela Trust Center, dan di jendela ini anda akan melihat hidangan Macro Settings, silahkan anda klik pada Enable all macros (not recomended; potentially dangerous code can run), ketika fitur macro diaktifkan, oleh microsoft sudah diingatkan bahwa pengaktifan macro ini gotong royong berpotensi tidak baik atau bahkan berbahaya alasannya ialah program-program jahat yang memakai isyarat kegiatan ini bisa eksklusif berjalan dan menginfeksi komputer kita, jadi kita harus bisa berhati-hati, atau mungkin anda bisa aktifkan kalau memang sedang diharapkan saja, namun kalau sedang tidak diharapkan bisa dinonaktifkan atau disable macro ini.
Demikian Cara Enable Macro Ms. Excel dan Ms. Word 2010, 2013, biar bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Enable Macro Ms. Excel Dan Ms. Word 2010, 2013, 2016"

Post a Comment