Panduan Monitoring Dan Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran

Monitoring pelaksanaan pembelajaran ialah aktivitas monitoring yang menyertakan proses pengumpulan, penganalisisan, pencatatan, pelaporan dan penggunaan warta administrasi wacana pelaksanaan aktivitas pembelajaran.


Fokus aktivitas monitoring pelaksanaan pembelajaran ada pada aktivitas dan tingkat capaian dari perencanaan pembelajaran yang telah dibentuk menurut tujuan yang telah ditetapkan.

Tujuan utama dari aktivitas monitoring pelaksanaan pembelajaran adalah:
  1. Menyediakan warta yang relevan dan sempurna waktu pada pelaksanaan aktivitas pembelajaran yang akan membantu pembuatan keputusan administrasi yang efektif oleh pengawas satuan pendidikan.
  2. Mendorong diskusi mengenai kemajuan pelaksanaan pembelajaran bersama para guru,  dan merencanakan aneka macam tindakan yang diperlukan.
  3. Menyumbang pada akuntabilitas. Supervisor perlu mengetahui bahwa aktivitas pembelajaran yang sedang dilaksanakan sesuai dengan planning pembelajaran yang telah dibuat, sesuai kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan sesuai dengan tujuan pada tingkat satuan pendidikan.
  4. Menyediakan sumber warta kemajuan/prestasi utama bagi para pengambil keputusan
  5. Memberikan masukan terhadap pengambilan keputusan. Apakah pembelajaran yang telah dilaksanakan sudah cukup baik, atau perlu adanya penemuan dan revisi dalam aktivitas pembelajaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Monitoring Dan Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran"

Post a Comment