Caranya Reset Bios Motherboard Komputer

Melakukan reset pada BIOS komputer merupakan Keliru satu trik perbaikan atau solusi dalam mengatasi permasalah pada komputer yg bekerjasama BIOS. Setiap komputer niscaya memiliki BIOS yg memiliki tugas penting dalam mengatur dan menginisialisasi hardware atau perangkat keras sebuah komputer.

Sistem BIOS pada komputer dapat ditemukan tertanam pada motherboard, tepatnya dalam bentuk sebuah chip ROM atau CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor). Jika BIOS mengalami problem komputer seringkali gagal dalam proses booting ke Sistem Operasi, sering muncul pesan kesalahan, sampai not recognize pada hardware.

Melakukan reset pada BIOS komputer merupakan Keliru satu trik perbaikan atau solusi dalam m Caranya Reset BIOS Motherboard Komputer
CLR_CMOS pada Motherboard

Walau dalam melaksanakan reset pada BIOS sering dianggap sepele, bakal tetapi bila tidak dilakukan dengan sempurna malah bakal berakibat jelek pada komponen motherboard lainnya. Oleh alasannya itu pastikan anda melaksanakan reset sesuai langkah-langkah yg ada.

Langkah-langkah Me-Reset BIOS pada Motherboard Komputer


1. Pastikan komputer dalam keadaan mati dan putuskan hubungan power komputer dengan mencabut semua kabel yg terhubung ke daya listrik di stop kontak. Jika ingin anda juga sanggup melepaskan kabel power supply yg terhubung di motherboard, sehingga tidak ada arus yg terhubung lagi.
Lihat juga Caranya benar upgrade VGA di Motherboard 

2. Setelah melepaskan motherboard dari arus listrik diamkan dulu beberapa Saat sambil menekan tombol power untuk memastikan tidak ada arus listrik yg tersisa pada motherboard.

3. Lihat motherboard anda dan cari tombol atau clear jumper CMOS yg terdapat goresan pena CLR CMOS atau CLR TC. Biasanya posisi jumper CMOS berada bersahabat dengan baterai CMOS.

4. Jumper Clear CMOS biasanya ada dua jenis yaitu jumper dengan 2 pin atau dengan 3 pin, atau bila ada tombol anda sanggup mereset hanya dengkan menekan tombol clearnya.

Melakukan reset pada BIOS komputer merupakan Keliru satu trik perbaikan atau solusi dalam m Caranya Reset BIOS Motherboard Komputer
Pin Jumper

5. Jika jumper dengan 3 pin anda sanggup memindahkan posisi jumper dari satu sisi ke sisi lainnya, bila jumper dengan 2 pin anda sanggup pribadi menjumper pin tersebut dengan jumper standar, anda juga sanggup Memakai obeng dengan menghubungkan kedua pin dengan besi obeng anda pada dasarnya antar pin terhubung. Ini yakni teladan alat jumper

Melakukan reset pada BIOS komputer merupakan Keliru satu trik perbaikan atau solusi dalam m Caranya Reset BIOS Motherboard Komputer
Jumper

6. Setelah menunggu beberapa saat, cabut atau lepaskan obeng pada jumper 2 pin atau kembalikan jumper pada 3 pin ke posisi semula.
Baca juga Penting untuk mencegah dan mengatasi bad sector pada harddisk

7. Hubungkan kembali sumber daya pada komputer anda, Memasang colokan kabel pada stop kontak dang power supply komputer.

8. Hidupkan komputer dengan menekan tombol Power dan komputer bakal booting dan beroperasi seCaranya normal sebagai tanda anda berhasil melaksanakan reset pada BIOS

Jika ternyata tidak berhasil yg ditandai dengan problem yg tidak hilang pada BIOS. Anda sanggup mencoba mengulangi trik diatas selama beberapa kali terutama pada proses jumper clear.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Caranya Reset Bios Motherboard Komputer"

Post a Comment