Caranya Melaporkan Penipuan Online Ke Polisi Dan Bank Untuk Blokir Rekening

Penipuan yg terjadi melalui transaksi online, umumnya terjadi pada pembeli atau korban yg kurang teliti dalam melaksanakan transaksi ibarat jual beli beli di online shop atau aplikasi chatting (BBM, Line dll). Pelaku penipuan selalu berusaha mencari kelemahan dan laba dari transaksi online yg sedang marak dilakukan banyak orang Saat ini.

Setelah mengalami penipuan banyak dari pembeli yg hanya sanggup pasrah, gundah dan mengikhlaskan dengan perasaan kesal dengan apa yg terjadi. Padahal bantu-membantu masih ada kemungkinan uang kita tersebut sanggup kembali atau setidaknya kita sanggup memperlihatkan sedikit pelajaran terhadap pelaku.

Hal tersebut yaitu dengan melaporkan penipuan kepada pihak bank terkait secepatnya sehingga uang yg telah ditransfer sanggup kembali atau setidaknya bank pelaku bakal diblokir dan pelaku bakal diblacklist oleh pihak bank. Caranya lainnya yg sanggup ditempuh yaitu dengan eksklusif melaporkan penipuan ke pihak yg berwajib yaitu kepolisian.
Lihat juga Caranya mengetahui website palsu/penipuan

Caranya Melaporkan Penipuan Online ke Polisi


• Melapor melalui situs resmi Kepolisian Indonesia


Penipuan yg terjadi melalui transaksi online Caranya Melaporkan Penipuan Online ke Polisi dan Bank untuk Blokir Rekening
Situs Kepolisian Indonesia

Caranya melaporkan penipuan ke Polisi seCaranya online dilakukan melalui situs Kepolisian Indonesia, anda sanggup mengunjungi alamat berikut untuk eksklusif menuju halaman form pengaduan : http://www.propam.polri.go.id/pol/?mnu=pengaduan , trik melaporkannya anda hanya perlu mengisi seluruh data yg dibutuhkan pada form yg disediakan dan melaksanakan “submit” untuk mengirim pengaduan.

• Melapor eksklusif ke kantor polisi terdekat

Jika anda ingin melaporkan penipuan yg anda alami seCaranya eksklusif ke Polisi alasannya ialah ingin kasus yg anda alami eksklusif diatasi oleh pihak Kepolisian, anda sanggup mendatangi kantor polisi terdekat di kota anda. Umumnya mekanisme yg dilakukan ialah sebagai berikut:

1. Siapkan semua bukti yg berkaitan dengan kasus penipuan tersebut yg sekiranya bakal dibutuhkan nantinya sebagai alat bukti ibarat bukti transfer, kontak pelaku, no rekening pelaku, toko online pelaku dsb. Kemudian kunjungi kantor Polisi terdekat dan sampaikan laporan kasus penipuan yg anda alami
Baca juga Caranya melaporkan penipuan SMS atau Telepon undian palsu ke operator 

2. Polisi bakal menciptakan laporan yg berisi identitas pelapor dan terlapor serta uraian kasus dan pasal yg terkait. Setelah itu anda bakal mendapatkan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) sebagai bukti laporan tersebut

3. Anda hanya perlu menunggu perkembangan kasus yg ditangani Kepolisian hingga menerima Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP).

Caranya Melaporkan Penipuan Online ke Bank


Jika nilai transaksi yg anda lakukan terbilang besar, ada baiknya anda segera melapor ke pihak bank terkait untuk mengajukan permohonan pemblokiran rekening pelaku penipuan tersebut. Jika anda beruntung sanggup saja uang yg anda kirim sanggup kembali Jika belum ditarik oleh pelaku.
Baca juga Tipsnya belanja online dengan aman

Prosedur pelaporan pada bank umumnya tidak jauh berbeda, anda sanggup eksklusif menuju bank terkait untuk mendapatkan pengarahan Komplit mengenai mekanisme apa saja yg perlu anda lakukan untuk melaksanakan laporan penipuan.

Selain itu anda sanggup juga melaksanakan panggilan layanan terlebih dahulu pada bank terkait supaya memperoleh kejelasan sebelum melaksanakan laporan langsung. Berikut ialah nomor layanan panggilan dari 5 bank yg sering digunakan:

1. Bank BCA : 1500888
2. Bank BRI : 14017
3. Bank BNI : 1500046
4. Bank Mandiri : 14000
5. Bank CIMB NIAGA : 14041

Untuk sanggup memperoleh uang kembali anda Musti melaporkan ke pihak bank terkait secepatnya, sering kali pelaku berusaha menginginkan kita melaksanakan transaksi pada hari libur yg mana pada hari tersebut bank tutup sehingga kita tidak sanggup melaksanakan pengaduan.

Jika ternyata anda tidak sanggup mendapatkan uang anda kembali umumnya anda masih sanggup menciptakan pelaku jera dengan melaksanakan permohonan pemblokiran rekening pelaku. Untuk meyakinkan pihak bank anda sanggup memperlihatkan bukti yg Komplit serta STPL yg anda daptkan dari kepolisian sehingga pelaku bakal diblacklist oleh pihak bank dan tidak sanggup membuka rekening atas namanya lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Caranya Melaporkan Penipuan Online Ke Polisi Dan Bank Untuk Blokir Rekening"

Post a Comment