Info Terbaru Informatika Akan Menggantikan Prakarya, Benarkah?

Mata pelajaran gres yang berjulukan Informatika sebagai generasi gres dari mata pelajaran TIK yang dihilangkan dari kurikulum 2013 berdasarkan isu akan segera diresmikan dalam permendikbud khusus perihal mata pelajaran informatika ini, nah bagaimana posisi dalam kurikulum 2013? apakah masuk kelompok mata pelajaran A (Wajib) atau masuk kelompok B (Wajib) atau kelompok pilihan/ muatan lokal?

Jika kita membaca isu sebelumnya bahwa berdasarkan Kepala Balitbang Kemdikbud Ir. Totok Suprayitno, Ph.D bahwa mata pelajaran TIK akan berganti nama menjadi mata pelajaran “INFORMATIKA”, isi dari Mapel Informatika sebagai wujud mapel TIK masa sekarang adalah Computational Thinking dengan bahan STEM Computer Science / Coding / Computer Programming, dan Informatika ini bukan mapel wajib dan hanya menjadi pilihan bagi sekolah-sekolah yang siap dengan computational thinking. Jadi jawabanya ialah mata pelajaran INFORMATIKA ini akan masuk kelompok Pilihan.

Bagaimana Pelaksanaanya

Pertanyaan berikutnya jikalau masuk mata pelajaran pilihan, maka jumlah struktur kurikulum 2013 akan bertambah, tentu hal ini akan menyebabkan duduk kasus gres yaitu kekurangan Guru pengampu mata pelajaran, terutama yang memegang mata pelajaran PRAKARYA, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa hingga ketika ini mata pelajaran PRAKARYA diampu oleh sebagian guru TIK dan sebagian Guru keterampilan, jadi apakah mata pelajaran INFORMATIKA ini akan dimasukan tersendiri dalam struktur kurikulum atau menggantikan mata pelajaran yang lain menyerupai mata pelajaran PRAKARYA?

nah... untuk lebih pastinya tentu kita harus tetap bersabar menunggu digedoknya permendikbud yang mengatur duduk kasus ini, jadi... mari tetap berdoa dan tetap menyiapkan diri untuk menyambut datangnya mata pelajaran pengganti TIK dengan konsep gres yang berjulukan mata pelajaran INFORMATIKA, atau mungkin jikalau Bapak/ Ibu Guru ada yang mendapat isu lebih lanjut, dapat dituliskan dikolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info Terbaru Informatika Akan Menggantikan Prakarya, Benarkah?"

Post a Comment