Ciri-Ciri Domba Tangkas Orisinil Garut - Domba Aduan

Ciri-Ciri Domba Tangkas Asli Garut


Oke para jugaran sukses dan clon juragan menyerupai aku Aamiin.. “kia berdoa sama-sama”  dalam kesempatan ini aku akan membuatkan tantang bagaimana ciri-ciri domba tangkas orisinil garut? Baik kini aku akan membuatkan perihal hal tersebut semoga anda dapat paham dalam menentukan ataupun membeli domba sabung terbaik. Dalam domba tangkas atau domba sabung ini pastinya mempunyai banyak ciri-ciri khusus dibanding dengan domba potong atau domba campuran “antara domba tangkas dikawinkan dengan domba pedaging” aku bilang akan terlihat alasannya yaitu ada beberapa perbedaan fisiknya. Mari kita bahas dan teliti secara seksama dan tolong-menolong disertai klarifikasi yang lebih detail inhsaallah sarinya aja


Oke para jugaran sukses dan clon juragan menyerupai aku Aamiin Ciri-Ciri Domba Tangkas Asli Garut - Domba Aduan
ciri domba garut, domba aduan

Ciri-ciri domba garut

• Bentuk umum Domba Garut, dari segi tubuh biasanya domba ini sangat padat, mempunyai postur yang panjang agak sedikit lebar namun berisi dengan otot dan daging, kalau dilihat secara seksama badannya sangat kekar dan kalau kita pegang kulinya Nampak tidak terlalu kendor alasannya yaitu domba ini sering dilatih fisiknya.

• Dari segi bulu domba garut ini mempunyai keanehan, alasannya yaitu biasa dikala kecilnya mempunyai bulu yang keriting atau galling orok dan sudah besarnya bulu kritingnya mulai tidak ada, kini bulunya menjadi bulu yang tidak mengecewakan panjang tidak terlalu besar. Rapih dan punya sedikit istimewa “nyutra” ada kulauan khusus

• Tanduk domba sang jantan dipastikan sangat kokoh, besar dan panjang, nahhh namun ada banyak jenis tanduk domba garut yang harus anda ketahui menyerupai : Nagbendo, golong tambang, setengah gayor, gayor, leang-leang sogong, ngamahkota

• Domba ini mempunyai insting petarung yang sangat agresiv kalau bertemu dengan pejantan lain, domba ini pula mempunyai keistimewaan yang lebih menyerupai jinak kapada yang suka beri makan/yang sering usap-usap dia.

• Dari segi ekornyapun mempunyai keunikan, biasanya domba ini mempunyai ekor yang bab pangkal besar dan berisi namun bab ujung yang kecil dan dari segi panjangnyanya tidak terlalu panjang atau relative pendek, jenis ekornya menyerupai : Ngabuntut beurit, ngabuntut bagong, ngadaun waru, ngakewed, laer.

Kepala pendek dan hidung agak mancung, bola mata relative kecil, tanduk yang kekar besar dan melingkar ke arah belakang. Hal ini menawarkan kegagahan dari domba tersebut, apalagi  kalau kita melihatnya dikala “rada tanggah” dombanya terlihat menyerupai sangat elok dan keren.

• Dari segi ukuran tubuh domba tangkas orisinil garut tentu saja beda-beda tergantung dari kelasnya, namun domba jantannya kisaran dari 50kg hingga lebih dari 80kg, duu peternak kami pernah punya domba garut ini hamper sebesar anak munding/eneng/kerbau.

• Domba ini mempunyai leher yang sangat kokoh dan kuat, sehingga dikala beradupun selalu menjadi primadona. Lehernya tidak panjang alasannya yaitu domba ini bukanlah jerapah heheh. 

• Dari segi bulu tentunya bulunya sangat istimewa menyerupai yang atas dijelaskan tapi dari segi warna ada beberapawarna unggulan seperti:  jantan,  warna  Sambung, riben sebak, belang sapi, macan, jog-jog, laken, baracak, monyet, kunyuk, Lunglum, perak, bodas apu, jogja, riben mencenges bulu putin, riben comot, riben kaos kaki, sambung kaos kaki. Dan warna biasanya putih  coklat hitam, atau campuran. 

Namun harus sadar bahwa domba warna putih jaman kini menjadi primadona lagi. 

• Kalau kita ihat domba betina orisinil garus mempunyai tanduk, namun tanduk yang dimilikinya kecil dan tidak terlalu panjang, paling mentok domba garut ini mempunyai pajang sekitar 10cm, dan ketebalannyapun tidak terlalu tebal, tandung betina ini juga gampang untuk copot,yang pernah peternak kami alami. Domba indukan ini mempunyai tanduk dan suka diapakai ocon “bercanda “ dengan anaknya yang jantan, kesudahannya tanduk si induknya copot. Namun nantinya  akan tumbuh lagi tanduk di induknya walaupun lebih kecil. 

• Domba ini mempunyai indera pendengaran yang sedikit saja tidak besar.
Tahukah anda bahwa domba garut ini mempunyai primadona yang berkelas di bumi priyangan? Bayangkan saja 1 domba ini harnya dapat hingga ratusan juta, bukan puluhan juta lagi heheh. Nahh domba menyerupai apa yang mempunyai harga yang sangat fantastis?

Otomatis juragan akan bertanya menyerupai itu, kriterianya menyerupai ini saja domba tamvan Ules Beungeut : Kasep, ngamenak dan ngaules, domba pastikan sehat dan berada di kelas A, tanduk yang melingkar dan sangat panjang, bulu nyutra tidak hawuk, posisi kaki mantap dan tulang-tulang besar dan kokoh, ekor pangkal besar ujung kecil ddengan jarak yang tidak terlalu panjang dan siki kanjut atau testis yang tidak terlalu panjang. 

Warna bulu yang idaman menyerupai bulu sambung, riben sempurna. Domba masih muda atau masih tahap terus berkembang antara munglak 4 hingga 6 ngora. 

Nah domba menyerupai itulah yang dapat menjadi primadona luar biasa, harganya akan terus naik dibarengi dengan ketangkasan beliau di daerah aduan, kalau terus elok aduannya maka harga akan terus melambung tinggi. 

Wahh kayaknya postingan ini dapat bikin kalian semua ngiler nihh, tapi aku piker sekian saja postingan kali ini di sipandaimenuis nanti lebih jauh lagi aku akan terus posting artikel yang menarik lainnya tentag domba ataupun perihal yang lainnya, sekian saja dan terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca ciri-ciri domba tangkas orisinil garut semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-Ciri Domba Tangkas Orisinil Garut - Domba Aduan"

Post a Comment