Cara Merawat Dan Melatih Domba Tangkas Domba Aduan

Merawat dan Melatih Domba Tangkas “Domba Adu Garut”


Bicara ihwal perawatan dan training domba tangkas, berarti juga hal-hal yang akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas domba yang akan kita hasilkan.

Namun sebelum kita pergi ke hal yang sangat dalam mari alangkah baiknya kita ketahui dahulu ada beberapa versi sejarah mengenai domba garut ini.
hal yang akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas domba yang akan kita hasilkan Cara Merawat dan Melatih Domba Tangkas Domba Aduan
merawat dan melatih domba adu

Kalau berdasarkan para andal Domba garut merupakan hasil persilangan segitiga antara domba ekor gemuk dari Afrika Selatan, domba merino dari Asia, dan lomba lokal Indonesia. Tapi ada juga yang menyampaikan bahwa domba tangkas ini merupkan murni 100% dari garut.

Nah pendapat mana yang akan anda ambil? Silahkan terserah anda yang manapun juga. Tapi kalau bagi saya. Saya lebih memeprcayai domba ini mutlak dari garut alasannya kita tahu kapan ada penjajah dari afrika?? Heheh apakah mungkin percaya bahwa dulu penjajah eropa berani bawa domba ke pribumi? Ataukah mereka yang mengambil kekeayaan indonesia? Nahhh itu bagi saya. 

Sekarang disini saya akan memeparkan trik dan belakang layar merawat domba sehingga sanggup berharga fantastik.

Kisaran domba biasa kelas c paling ditawar di atas 4-7 juta. Keas c mantap kisaran 7-25 juta. Kalau biasa kelas b biasanya harga dari 6-10 juta dan kisaran mantap kelas b harga domba sanggup 10-40 jutaan bahkan sanggup hingga 50 juta lebih. Na yang sangat difavoritkan ialah dengan domba tangkas kelas a kalau kelas a biasa harga sekitar 8-18 jutaan kalau yang super atau kelas a mantap biasanya harga sanggup hingga ratusan juta. 

Wihhh mantap tidak sobat? Harga domba segitu sanggup digunakan buat beli kendaraan beroda empat kan? Hehheheh.
Saya menulis artikel ini berdasar pada aturan/berbincang dengan peternak domba “garut “ lingga amis yang berada di tempat ciwaru, arjasari. Berbincang dengan bapak Apip, bapak. Soleh dan rekan-rekan rengrengan lingga wangi. 

Perawatan bulanan domba tangkas : khusus pejantan 



Perawatan domba tangkas ini mencakup pakan, derma obat/jamu khusus dan obat dokter. 

  • Dari segi pakan domba tangkas ini jangan hingga mereka kelaparan dan paling baik diberikan makan 3x sehari dan ompreng atau cemilan 1x sehari jadi total 4x. Pakan rumput diberi pada pagi hari, siang hari dan sore menuju malam dikasih rumput+ampas tahu/dage. Untuk sesi cemilan biasanya diberikan potongan singkong dua kepalan besar orang remaja kepada domba sekitar jam 2 siang. 
  • Kalau ekspresi dominan kemarau biasanya juga domba diberi minum, dan hal ini juga sebaiknya diberi minum setiap hari, minumnya sama ibarat kita saja air bening, dan ingat jangan memaksa domba untuk minum alasannya kita hanya menyediakan saja dalam wadah “baskom kecil” 
  • Bicara ihwal obat/jamu biasanya dibrikan pada hari jumat atau dua hari sebelum domba siap kontes/laga. Namun kalau untuk obat dokter ibarat obat cacing diberikan sekitar 3-6 bulan sekali. 
  • Ramuan tradisional yang biasanya diberikan kepada domba ialah madu, kuning telor itik/ayam kampung, dan sedikit air jahe. Tapi kalau untuk pernapasan domba bisanya diberikan gula merah/gula aren yang orisinil yang sudah diserut. 
  • Perawatan domba ini mencakup kebersihan dari kandang, maka setiap 2 hari sekali sangkar harus dibersihkan dan lebih baik juga setiap 1 hari sekali. Selain sangkar juga ada hal yang harus anda tahu mencakup pemijatan, pengeluaran domba dan training domba. Pemijatan domba biasanya setelah domba dimandikan dan sebelum domba ditangkaskan. 
  • Agar domba amis biasanya dimandikan pakai sabun dan sereh amis “serai wangi”. Ada juga yang lain loh di training ini ialah minimal domba di ajak renang selama 10-15 menit setiap seminggu atau dua ahad sekali ditambah juga dibawa lari-lari juga. 
  • Kalau perawatan di usia domba sebelum munglak “gigi jatuh” harus rajin membersihkan bulu-bulu dibagian kepala yang bersahabat dengan tanduk “agar pertumbuhan tanduk menjadi sangat maksimal” dan hal ini masih berlajut hingga domba munglak “6” atau usia sekitar 3 tahun lebihan. 
  • Nah pewatan lain domba dari petet atau bayi 4-6nan gres dicukur. Kalau sudah kesini kesini lihat terserah anda mau sebulan sekali domba dicukur tidak apa-apa. 


Untuk mengatasi domba yang terlalu galak biasanya domba tangkas ini sering di usap usap oleh pemiliknya, untuk mengatasi birahi domba biasanya domba harus di kawinkan lebih baiknya setiap 2 ahad sekali.

Ingat jangan terlalu sering mengawinkan domba ini alasannya akan mengganggu perfoma dikala beliau bertanding. Alangkah lebih baiknya mengawinkan domba ini jikalau beliau sudah munglak empat atau sekitar usia 2 tahunan.

Kalau domba yang masih remaja juga sanggup namun ditakutkan, anakannya belum sanggup menjadi domba tangkas petarung tapi nantinya malah untuk domba pedaging. Kan sayang kalau harga domba tangkas harusnya anaknya lebih dari 4 jutaan malah jadi pedaging yang kira kira harganya sejutaan. 

Untuk melatih ketangkasan domba, biasanya juga domba di latih beradu dengan domba lain “ ngalatih diambenkeun/diketrekeun ” dengan domba tetangga di buruan/lapangan. 
 
Untuk anda yang tertarik dengan bisnis domba silahkan untuk mengunjungi kami di perternak domba tangkas linggawangi. Anda sanggup membeli domba tangkas dari mulai anakan jantan, anakan betina, indukan betina, indukan jantan, atau domba yang siap untuk tangkas.

Jangan lupa untuk temukan kami di media sosial:

Facebook :
Line :
WhatApp :
BBM : 
 
Ingat kalau segi harga itu tergantung kualitas dari ketampanan/kecantikan domba an kriteria lainnya. 
Kami disini siap menyambut anda dengan domba kualitas terbaik dari peternak lingga wangi. Kami juga siap memandu anda berguru bisnis da beternak domba tangkas ini. 

Oke mitra semua mungkn sekian saja artikrl kali ini dengan judul cara merawat dan melatih domba tangkas “garut” sekian saja dan terimakasih banyak.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Dan Melatih Domba Tangkas Domba Aduan"

Post a Comment