Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Error

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error | Selain touchpad atau mouse yang berfungsi sebagai pointer pelopor kursor, keyboard juga mempunyai tugas yang tak kalah pentingnya pada sebuah laptop, lantaran tanpa keyboard maka anda tak akan sanggup mengetik satu abjad pun di layar laptop.

Sayangnya, terkadang keyboard juga sanggup error, mulai dari mendadak macet, tombol keyboard yang tertukar abjad hingga keyboard yang sama sekali tidak sanggup berfungsi. Selain itu ada juga keyboard yang error dengan gejala, selalu mengakibatkan suara ‘beep beep’ dikala tombol keyboard ditekan.
Baca juga Cara mencegah bluescreen pada laptop


Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error


Nah, untuk membantu anda dalam mengatasi banyak sekali persoalan tersebut, maka berikut ini ada beberapa cara mengatasi keyboard laptop atau netbook yang error :

• Mengatasi beberapa tombol keyboard laptop yang macet/bunyi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error  Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error
Membuka Tuts Keyboard Laptop
Bila ada beberapa tombol yang macet atau dikala menekan sebuah tombol huruf, tombol tersebut tidak sanggup berhenti maka begini cara memperbaikinya :
  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah lepas charger dan baterai yang ada pada laptop, lantaran bila sambungan listrik tersebut tidak dilepas maka akan sanggup merusak komponen laptop yang lainnya
  2. Setelah itu lepas semua tombol keyboard dengan hati-hati, jangan hingga ada kaki-kakinya hilang atau lupa
  3. Kemudian, semprot tombol keyboard yang telah dilepas tersebut dengan memakai hairdryer secara merata, khususnya pada tombol keyboard yang error beri semprotan hairdryer yang lebih lama
  4. Setelah itu, pasang kembali keyboard yang anda lepas tadi
  5. Bila sehabis dipasang, masih ada beberapa tombol keyboard yang error, maka sebaiknya anda membersihkan debu/kotoran yang ada pada keyboard dengan memakai kuas yang telah dibasahi dengan alkohol, dan tunggu hingga kering. 

• Mengatasi tombol keyboard yang tertukar huruf

Biasanya hal menyerupai ini akan terjadi sehabis kita memakai keyboard eksternal, seringkali, dikala keyboard eksternal dicabut kemudian memakai kembali keyboard bawaan laptop  maka akan ada yang berubah, misalnya dikala kita menekan tombol  m, j, k, l, u, I, o yang muncul malah angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Nah, hal yang mengakibatkan kondisi ini biasanya lantaran terjadi pertukaran tombol fungsi Fn. Untuk mengatasi persoalan yang menyerupai ini, berikut ini yang harus anda lakukan :

  1. Tekan tombol Fn tahan jangan dilepas, kemudian tekan tombol fungsi numeric. Tombol ini bila di laptop berada di gugusan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, yang ada goresan pena Insert dan NumLK.
  2. Kemudian lepaskan kedua tombol tersebut.  
  3. Selanjutnya, coba tekan tombol  u, bila yang muncul masih belum berupa abjad ‘u’ namun melainkan masih berupa angka ‘4’ itu artinya belum berhasil, oleh lantaran itu coba ulangi sekali lagi.

Pada dasarnya fungsi tombol ini serupa dengan tombol caps lock, bila ditekan sekali maka akan bermetamorfosis abjad capital sedangkan bila ditekan lagi, maka abjad akan berubah kembali ke abjad kecil.
Artikel terkait: Tips mengatasi laptop lemot | Tips kondusif belanja online

• Mengatasi keyboard yang semua tombolnya tidak berfungsi

Bila hal menyerupai ini yang terjadi, maka anda perlu melaksanakan cara yang serupa dengan cara yang pertama (mengatasi beberapa tombol keyboard yang macet/bunyi) sehabis itu bersihkan keyboard dengan memakai kuas yang telah dibasahi dengan air atau alkohol, kemudian tunggu hingga benar-benar kering, sebelum dipasang kembali. Selain itu, anda perlu memperhatikan tombol USB keyboard, lantaran terkadang tombol USB keyboard tidak berfungsi dengan normal. Setelah semua sudah dilakukan, ada baiknya anda melaksanakan restart terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop yang error. Meskipun terlihat cukup rumit, namun cara-cara tersebut cukup efektif untuk mengatasi persoalan keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Error"

Post a Comment