Caranya Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Di Microsoft Word ( Wine ) Linux

Kemarin aku sudah memposting Caranya Menginstall Microsoft Word Di Linux , kali ini aku bakal mengembangkan pengalaman problem - problem yang aku dapatkan ketika Menggunakan Microsoft Word di Linux dan trik mengatasinya.



Beberapa hari yang lalu, laptop tetangga aku mengalami kerusakan pada sistem operasinya. Adapun penyebab kerusakan Os nya ialah flashdisk yang terinfeksi virus dan Antivirus yang tidak pernah sama sekali di update. Karena tetangga aku itu orangnya kerja di kantoran, otomatis colok - menyolok flashdisk tidak sanggup dihindari. Kaprikornus aku sarankan untuk Menggunakan Linux Agar kondusif dari serangan virus - virus yang menyerang file .exe tersebut.

Setelah saya, menginstall laptop tersebut dengan OS Linux Ubuntu 14.04 dan aplikasi - aplikasi tambahannya (termasuk Wine dan Microsoft Office) , disinilah aku mulai mendapat masalah. Keliru satu problem yang aku dapatkan ialah Printer tidak terdeteksi di aplikasi Microsoft Word. Setiap kali aku menekan CTRL + P muncul goresan pena yang maksudnya tidak ada printer yang terinstall pada OS. Padahal, aku sudah mengkonfigurasinya dan aku sudah coba test print di Libre Office.

Setelah sekian usang googling, tak ada satupun situs indonesia yang memiliki Maknakel berisi solusi dari problem tersebut (maklum googling pake bahasa indonesia hehehe). Dan pada kesudahannya aku menemukan situs lembaga dari OS ubuntu yang berisi pertanyaan dan balasan yang aku cari. Solusinya dari problem tersebut ialah :

1. Pastikan Printer tersambung ke komputer.

2. install libcups2 dengan membuka terminal (pastikan terkoneksi internet) , kemudian ketikkan " sudo apt-get install libcups2 " (tanpa tanda petik).

3. Jika ingin mencetak file .pdf, anda harus menginstall cups-pdf dengan perintah " sudo apt-get install cups-pdf ".

Setelah aku menginstall CUPS tersebut, aku coba close dlu winenya, kemudian aku jalan kan kembali, adan tadaaaa! printernya sudah muncul, Alhamdulillah :).

Anda juga sanggup mengkonfigurasi aplikasi tersebut dengan mengakses 127.0.0.1:631 di browser anda. Untuk lebih jelasnya ihwal Cups ini anda sanggup mengunjungi situs Cups documentation.

sekian dulu dari saya, semoga solusi diatas sanggup membantu teman - teman sekalian.

jangan lupa share yah admin :)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Caranya Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Di Microsoft Word ( Wine ) Linux"

Post a Comment