Cara Reset Bios Motherboard Komputer

Melakukan reset pada BIOS komputer merupakan salah satu trik perbaikan atau solusi dalam mengatasi permasalah pada komputer yang bekerjasama BIOS. Setiap komputer niscaya memiliki BIOS yang memiliki tugas penting dalam mengatur dan menginisialisasi hardware atau perangkat keras sebuah komputer.

Sistem BIOS pada komputer dapat ditemukan tertanam pada motherboard, tepatnya dalam bentuk sebuah chip ROM atau CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor). Jika BIOS mengalami problem komputer seringkali gagal dalam proses booting ke Sistem Operasi, sering muncul pesan kesalahan, sampai not recognize pada hardware.

Melakukan reset pada BIOS komputer merupakan salah satu trik perbaikan atau solusi dalam m Cara Reset BIOS Motherboard Komputer
CLR_CMOS pada Motherboard

Walau dalam melaksanakan reset pada BIOS sering dianggap sepele, bakal tetapi bila tidak dilakukan dengan sempurna malah bakal berakibat jelek pada komponen motherboard lainnya. Oleh alasannya itu pastikan anda melaksanakan reset sesuai langkah-langkah yang ada.

Langkah-langkah Me-Reset BIOS pada Motherboard Komputer


1. Pastikan komputer dalam keadaan mati dan putuskan hubungan power komputer dengan mencabut semua kabel yang terhubung ke daya listrik di stop kontak. Jika ingin anda juga sanggup melepaskan kabel power supply yang terhubung di motherboard, sehingga tidak ada arus yang terhubung lagi.
Lihat juga Cara benar upgrade VGA di Motherboard 

2. Setelah melepaskan motherboard dari arus listrik diamkan dulu beberapa ketika sambil menekan tombol power untuk memastikan tidak ada arus listrik yang tersisa pada motherboard.

3. Lihat motherboard anda dan cari tombol atau clear jumper CMOS yang terdapat goresan pena CLR CMOS atau CLR TC. Biasanya posisi jumper CMOS berada bersahabat dengan baterai CMOS.

4. Jumper Clear CMOS biasanya ada dua jenis yaitu jumper dengan 2 pin atau dengan 3 pin, atau bila ada tombol anda sanggup mereset hanya dengkan menekan tombol clearnya.

Melakukan reset pada BIOS komputer merupakan salah satu trik perbaikan atau solusi dalam m Cara Reset BIOS Motherboard Komputer
Pin Jumper

5. Jika jumper dengan 3 pin anda sanggup memindahkan posisi jumper dari satu sisi ke sisi lainnya, bila jumper dengan 2 pin anda sanggup pribadi menjumper pin tersebut dengan jumper standar, anda juga sanggup menggunakan obeng dengan menghubungkan kedua pin dengan besi obeng anda pada dasarnya antar pin terhubung. Ini yakni teladan alat jumper

Melakukan reset pada BIOS komputer merupakan salah satu trik perbaikan atau solusi dalam m Cara Reset BIOS Motherboard Komputer
Jumper

6. Setelah menunggu beberapa saat, cabut atau lepaskan obeng pada jumper 2 pin atau kembalikan jumper pada 3 pin ke posisi semula.
Baca juga Penting untuk mencegah dan mengatasi bad sector pada harddisk

7. Hubungkan kembali sumber daya pada komputer anda, pasang colokan kabel pada stop kontak dang power supply komputer.

8. Hidupkan komputer dengan menekan tombol Power dan komputer bakal booting dan beroperasi secara normal sebagai tanda anda berhasil melaksanakan reset pada BIOS

Jika ternyata tidak berhasil yang ditandai dengan problem yang tidak hilang pada BIOS. Anda sanggup mencoba mengulangi trik diatas selama beberapa kali terutama pada proses jumper clear.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Reset Bios Motherboard Komputer"

Post a Comment