Beberapa Tips Dan Cara Upgrade Ram Laptop Sendiri

Hedryiks.blogspot.com - Beberapa Tips dan Cara Upgrade Ram Laptop Sendiri | RAM atau yang memiliki kepanjangan Random Access Memory merupakan salah satu komponen dalam sebuah perangkat komputer yang memiliki peranan yang sangat penting.

Karena tugas RAM yang sangat penting dalam menunjag performa laptop atau komputer, seringkali RAM standar yang telah terpasang di laptop terasa tidak cukup. Jika hal ini terjadi solusi yang sering dilakukan tentuya dengan meningkatkan kapasitas RAM atau lebih dikenal dengan istilah upgrade RAM.

Hal Penting yang Perlu diperhatikan Sebelum Upgrade RAM

 Beberapa Tips dan Cara Upgrade Ram Laptop Sendiri Beberapa Tips dan Cara Upgrade Ram Laptop Sendiri
RAM
Sebelum melaksanakan upgrade RAM, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan perhatikan semoga upgrade RAM yang dilakukan sanggup memenuhi apa yang anda inginkan.

Jika slot RAM yang dimiliki hanya satu dan upgradable maka kau tentunya hanya sanggup menggantinya dengan ukuran yang lebih besar, Contoh: RAM sebelumnya 2 GB maka kalau diganti dengan 8 GB, RAM laptop anda menjadi 8 GB.

Saat ini umumnya banyak laptop hanya menyediakan satu slot kosong untuk upgrade dan satu Integrated RAM yang tertanam di mainboard dan tidak sanggup dilepas, Contoh: Integrated RAM 2 GB, maka kalau anda menambah 8 GB, RAM laptop anda menjadi 10 GB.

Selanjutnya anda juga perlu memperhatikan tipe memory RAM yang dipakai laptop anda, untuk hal ini anda sanggup mencari di Google tipe RAM untuk tipe laptop anda (umumnya DDR3).

Untuk memilih ukuran upgrade RAM, anda perlu memperhatikan sistem operasi yang dipakai laptop anda, kalau anda memiliki laptop dengan sistem operasi Windows, contohnya Windows 7 dengan arsitektur 32 bit maka ukuran maksimal RAM yang bakal terbaca hanya 4 GB sehingga anda hanya sanggup mengupgrade RAM anda sampai 4 GB. Jika arsitektur yang 64 bit memorinya sanggup mencapai 192 GB namun harus diubahsuaikan dengan kemampuan maksimal Laptop dan budget anda

Alternatif Cara Upgrade RAM Laptop Gratis

Jika anda ingin menambah kapasitas dan performa RAM tapi anda tidak ingin membeli atau mengganti RAM laptop dengan yang baru, bekerjsama ada beberapa trik alternatif yang bisa dilakukan, meskipun jadinya tidak bakal sebaik membeli RAM baru.
Baca juga Cara menambah kapasitas Drive atau Local Disk C/ D

  • Menambah RAM dengan Membuat Virtual Memory

Cara pertama yang sanggup dilakukan yaitu dengan menciptakan Virtual Memory, caranya yaitu anda mengambil sedikit bab dari HardDisk (HDD) laptop anda untuk dijadikan Virtual RAM. Berikut ini ialah langkah-langkahnya:

 Klik kanan pada “Computer” atau “My Computer” atau nama PC anda dan Klik “Properties”
 Klik “Advanced system settings” yang ada dibagian kiri atas
 Pilih tab “Performance” klik “Settings”
 Pada tab “Advanced klik “ Change” sampai muncul jendela “Virtual Memory” dan aturlah menyerupai gambar dibawah
 Beberapa Tips dan Cara Upgrade Ram Laptop Sendiri Beberapa Tips dan Cara Upgrade Ram Laptop Sendiri
Virtual Memory

Ket : Pada gambar diatas saya mengatur initial size 2000MB dan maximum size 4000MB, anda sanggup mengaturnya sesuai yang anda inginkan
Lihat juga Cara merawat touchpad laptop yang sensitif

Selain menciptakan Virtual Memory anda juga sanggup menambah RAM dengan flashdisk, dengan begitu flashdisk anda bakal dimanfaatkan sebagai RAM, namun saya tidak menjelaskan trik ini dikala ini alasannya dinilai kurang nyaman digunakan.

Cara Upgrade RAM Laptop Secara Fisik (Mengganti atau Menambah di Slot Kosong)

Untuk mengupgrade RAM, pada setiap laptop memiliki trik yang sedikit berbeda alasannya perbedaan letak atau cover laptop. Ada beberapa type Laptop yang perlu membuka baterai dan cover belakang laptop untuk mengganti RAM, tetapi sudah banyak juga yang hanya perlu membuka cover kecil (segi empat) yang eksklusif sanggup mengakses slot RAM.

Disini saya bakal mencontohkan pada Asus tipe A atau X, pertama lepaskan dua baut yang ada pada cover kecil yang biasanya terletak ditengah atau tepi. Lepas dengan didorong kedepan, biasanya anda hanya bakal menemukan 1 slot kosong pada Asus tipe A atau X, alasannya satu slot telah on board atau integrated.

Arahkan bab logam RAM ke slot dengan sudut 45 derajat, lalu tekan sampai masuk dengan tanda berbunyi klik. Pastikan posisi anda memasukan tidak terbalik alasannya bakal mengakibatkan RAM tidak sanggup masuk. Setelah terpasang, tutup covernya menyerupai semula. Berikut ialah video pemasangan RAM yang sanggup anda pelajari



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Tips Dan Cara Upgrade Ram Laptop Sendiri"

Post a Comment